Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada pembelajaran bercerita dengan menggunakan media boneka tangan, pada salah satu SD sebanyak dua siklus dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media boneka tangan terbukti dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas II SDN .
Peningkatan keterampilan bercerita tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan bercerita, ketuntasan klasikal, dan aktivitas belajar yang diperoleh siswa pada setiap
siklus. Dari data yang didapat pada waktu pratindakan diperoleh nilai ratarata kelas adalah 66 dengan ketuntasan klasikal 40% dan aktivitas belajar yang mendapat skor rata-rata 5,4. Pada siklus I meningkat yaitu rata-rata kelas menjadi 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,7% serta aktivitas belajar yang memperoleh skor rata-rata 7. Kemudian pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 85 dengan ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 86,7% serta aktivitas belajar siswa yang mendapat skor rata-rata 8,15. Dari uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil yang dicapai telah memenuhi indikator yang telah diharapkan yaitu ≥ 80% siswa secara keseluruhan memperoleh nilai ≥ 71 (KKM), dan hasil yang dicapai menunjukkan bahwa 86,7% siswa memperoleh nilai ≥ 71 (KKM). Sehingga bertolak dari uraian di atas, maka dapat membuktikan bahwa melalui media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa SD.
The hand puppets media can improve storytelling skills. The objective of this
research is to improve the storytelling skills and learning activity of the students in the II graders of
SD using hand puppets media. This research used the classroom action research consisting of two
cycles, each of which containing four stages: planning, acting, observing, and reflecting.
Techniques of collecting data used were observation, interview, documentation, and test. The data
validation techniques used were source triangulation and method triangulation. Technique of
analyzing data used was an interactive model of analysis. The result of the research shows that the
use of the hand puppets media can improve the storytelling skills and student learning activities.
sumber: portalgaruda.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar